Sabtu, 17 April 2010

RISET PEMUAIAN


Pemuaian adalah peristiwa bertambah atau berkurangnya panjang, luas, volume suatu benda akibat perubahan suhu dan bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhu. Pemuaian tiap-tiap benda berbeda, tergantung suhu di sekitar dan koefisien muai atau daya muai benda tersebut. Contoh dari pemuaian dalam kehidupan sehari-hari adlah seperti kaca jendela yangdipasang secara tidak rapat, membuka tutup botol dengan air panas, ataupun rel pada kereta api. Yang akan kita jelaskan mengenai kaca jendela dan tutup pada botol kaca.

Mengapa kaca jendela dipasang secara tidak rapat? Itu dikarenakan jika jendela dipasang tidak diberi celah, kaca jendela itu akan pecah. Pada siang hari yang panas, kaca jendela akan merapat dan celah yang diberikan akan tertutup. Sedangkan pada malam hari yang tidak terkena panas matahari seperti siang hari, kaca jendela itu akan menyusut dan celah pada jendela akan terbuka kembali.
Biasanya, kita membuka tutup botol kaca menggunakan pembuka botol atau gigi (jika merasa gigi tidak kuat, harap jangan dicoba) sekarang kita dapat membuka botol kaca dengan menggunakan air panas. Botol yang terbuat dari kaca , pada ujung botol yang dicelupkan air panasakan memuai dan ujung botol itu akan perlahan-lahan dapat dibuka dengan mudah. Jadi, tidak perlu membeli pembuka botol dan mematahkan gigi sendiri (PERHATIAN : yang merasa giginya sudah hancur, jangan di coba sama sekali)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar